Wednesday, June 27, 2018

Ingin Tahu Laporan Knda Ke Facebook Ditindaklanjuti Ini Terobosannya

Ingin Tahu Laporan
Ingin Tahu Laporan Enda Ke Facebook Ditindaklanjuti Ini Terobosannya

[caption id="attachment_184803" align="aligncenter" width="500" caption="https://tiga.bp.blogspot.com"][/caption]

Bagi anda yang pernah memanfaatkan fasilitas "melaporkan" pada Facebook, anda mungkin gak akan pernah tau hingga dimana laporan anda ditindaklanjuti. Apabila anda melaporkan sebuah tindakan Bullying and Harassment, Hate Speech, atau sebuah konten porno,  anda terpaksa wajib menunggu hasilnya secara nyata beserta menilik ulang konten atau akun yang anda laporkan. Bila perubahan yang anda inginkan gak  terjadi, anda bisa berpikir bahwa laporan anda gak hingga atau mungkin gak dipedulikan sang Facebook. Sebel jua kan kalo dicuekin begini?

Nah sekarang, gak lagi. Facebook tau bahwa anda sebel kalo gak ditanggapi. Oleh karenanya, Facebook menyediakan suatu layanan baru yang dinamakan The Support Dashboard. Layanan ini akan merespon laporan anda, bahkan anda bisa mengetahui hingga sejauh mana laporan anda ditindaklanjuti. Enda akan mendapat jawaban pribadi menurut tim Facebook. Menarik bukan?

Seperti yang ditulis melalui Facebook Safety Pages Notes, pada Kamis, 26 April 2012 kemarin,  yang berjudul More Transparency in Reporting. Fasilitas ini, memungkinkan 900 juta penggunanya buat melaporkan konten yang melanggar Standar Komunitas Facebook.  Laporan-laporan ini memungkinkan tim profesional Facebook buat mereview beserta cepat serta efektif buat menghapus konten yang melanggar ketentuan Facebook.

The Support Dashboard artinya sebuah fasilitas yang dibuat buat membantu anda melacak kemajuan laporan yang anda kirim ke Facebook. Dari The Support Dashboard, Enda bisa melihat apakah laporan yang anda kirim tersebut sudah ditinjau sang tim Facebook yang bekerja selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dalam puluhan bahasa.

Nah dimana fitur ini berada? Aika anda sudah memakai fasilitas 'laporkan', anda bisa melihat tindaklanjutnya melalui Account Settings misalnya gambar dibawah ini.

[caption id="" align="aligncenter" width="504" caption="The Support Dashboard (Facebook Safety Pages Notes)"][/caption]

Fitur ini jua akan memberitahu anda waktu keputusan sudah diambil. Setelah laporan ditangani sang Facebook's User Operations team, anda akan menerima pemberitahuan bahwa laporan tersebut sudah ditinjau atau anda bisa melihat pribadi ke The Support Dashboard dalam pengaturan akun anda (Account Settings).

Selain itu, The Support Dashboard akan menyampaikan lebih poly pemahaman kepada pelapor perihal alasan mengapa Facebook gak merogoh tindakan atas laporan yang dikirimkan. Salah satu model bila laporan anda gak ditindaklanjuti, Facebook akan menyampaikan pemahaman kepada anda bahwa Facebook artinya komunitas bermacam-macam, gak semua kontent yang menganggu atau memproduksi diri anda gak nyaman selalu memenuhi kriteria buat dihapus. Aika konten gak dihilangkan/dihapus, anda akan diberikan pilihan baik itu unfriend atau memblokir pribadi orang yang mem-posting konten tersebut.

Saat ini, The Support Dashboard baru mencakup laporan mengenai foto serta Timelines. Kedepan Facebook berencana buat memasukkan lebih poly jenis konten yang bisa dilaporkan melalui fasilitas ini.

Dengan adanya fasilitas ini, Facebook berharap lebih poly terciptanya transparansi melalui  The Support Dashboardsekaligusmemberikan wawasan yang lebih luas kepada pengguna buat memahami sebuah laporan. Fasilitas ini jua diharapkan bisa mengilhami setiap orang buat gak segan-segan melaporkan konten yang melanggar buat ditindaklanjuti sang Facebook.

Beberapa hal yang bisa dilaporkan antara lain, Violence and Threats (Kekerasan serta Ancaman), Self-Harm (Menyakiti diri sendiri), Bullying and Harassment (Penindasan/Pelecehan serta Gangguan), Hate Speech (Pembicaraan Penuh Kebencian), Graphic Violence (Kekerasan Grafis), Nudity and Pornography (Ketelanjangan serta Pronografi), Identity and Privacy (Identitas serta Privasi), Intellectual Property (HAKI), serta Phishing and Spam.

Jangan ragu buat melaporkan pelanggaran melalui semua fitur 'melaporkan' yang disediakan Facebook. Dengan begitu anda bisa belajar serta memahami jua cara Facebook menindaklanjuti laporan anda.

Semoga terobosan Facebook ini menjadi inspirasi jua bagi pemilik atau pengelola jenis media sosial lainnya.

No comments:

Post a Comment